Jumat, 14 November 2008

Interaction Diagram

This is something important for student who is learning about UML 2.x because there are many changes in transition from UML 1.x to 2.x. So if you have studied UML 1.x this is important notice.

Salah satu perubahan mendasar pada UML 2.x jika dibandingkan dengan UML versi sebelumnya adalah dalam hal penamaan dan jumlah diagramnya. Beberapa literatur menyebutkan ada sembilan (9) diagram UML versi 1.x ada juga yang menyebutkan delapan (8). Jumlah diagram UML versi 2.x bisa dibilang bertambah bisa juga dibilang berkurang. Dikatakan jumlahnya bertambah, memang dikarenakan ada tambahan diagram seperti timing, global interaction dan communication. Dikatakan berkurang (beberapa menyebutkan ada 8 diagram UML 2.x) karena sequence diagram, communication, timing dan global overview interaction digabung menjadi satu dinamakan interaction diagram.

Also, collaboration diagram on UML 1.x changes it name become communication diagram in UML 2.x. But in UML 2.0 there is definition about collaboration but said without "diagram", just "collaboration".

Terjadi perubahan nama dari collaboration diagram menjadi communication diagram pada UML 2.0, tetapi istilah collaboration masih dipakai tanpa kata diagram, jadi disebut collaboration saja. Berikut diagram - diagram yang masuk kategori interaction diagram:
1. Sequence Diagram, diagram ini digunakan untuk menggambarkan alur cerita bagaimana sistem menjalankan suatu proses.
2. communication diagram, diagram ini menggambarkan hubungan antar obyek suatu class dengan object lainnya. Diagram ini biasanya digunakan sebagai pengganti object diagram.
3. Timing Diagram, diagram ini menggambarkan pewaktuan (timing), tetapi jarang digunakan kecuali untuk sistem real time.
4. Global Overview Diagram, diagram ini bagi yang sudah belajar Data Flow Diagram (DFD) identik dengan diagram konteks.

-- I think that's it for this time, c u next --

Tidak ada komentar: